17 Januari 2019

Gelora Api Jihad, Janganlah Padam



Oleh : Deni Solehudin

Jihad menurut akar katanya berasal dari kata “al jahdu”(الجَهْد) yang mengandung arti kesulitan, kesengsaraan. Apabila diambil dari kata “al juhdu” (الجُهد), jihad berarti melaksanakan sesuatu dengan susah payah, karena masing-masing pihak mencurahkan segenap kemampuannya dalam menolak yang lainnya (Al Qasthalany:  1/1, Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ahmad al Thoyyar dalam Fiqhul Jihad, hal 1).
Di dalam kitab “Al Jihad fi Sabilillah” susunan Sa’id bin Ali bin Wahf Al Qahthany hal 2 disebutkan :
لغة: بذل واستفراغ ما في الوسع والطاقة من قول أو فعل
شرعًا: بذل الجهد من المسلمين في قتال الكفار، والبغاة، والمرتدين ونحوهم.
Mengerahkan dan menghabiskan segala daya upaya baik perkataan maupun perbuatan.
Menurut syara’ : jihad adalah mengerahkan segala kemampuan untuk memerangi orang-orang kafir, pembangkang, orang-orang murtad dan semisalnya.  (lihat Al Thoyyar, hal 1).
Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah mendefinisikan jihad secara istilah (terminolagi), “Mencurahkan segala kemampuan dalam memerangi orang-orang kafir.”
Ar-Raghib Al-Ashbahany menerangkan hakikat jihad, “(Jihad) adalah bersungguh-sungguh dan mengerahkan seluruh kemampuan dalam melawan musuh dengan tangan, lisan, atau apa saja yang ia mampu.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Jihad kadang dengan hati seperti berniat dengan sungguh-sungguh untuk melakukannya, atau dengan berdakwah kepada Islam dan syari’atnya, atau dengan menegakkan hujjah (argumen) terhadap penganut kebatilan, atau dengan ideologi dan strategi yang berguna bagi kaum muslimin, atau berperang dengan diri sendiri. Maka jihad wajib sesuai dengan apa yang memungkinkannya.”

Tidak ada silang pendapat di kalangan para ulama tentang disyari’atkannya jihad fi sabilillah. Al-Qur`an dan As-Sunnah penuh dengan nash-nash yang menunjukkan syari’at jihad, kewajiban dan keutamaannya, bahkan di dalam kitab Bulughul maram, hadits yang pertama kali dimunculkan oleh Al Hafidz Ibnu Hajar dalam bab jihad adalah sabda Rasul saw.  "Barangsiapa mati, sedang ia tidak pernah berjihad dan tidak mempunyai keinginan untuk jihad, ia mati dalam satu cabang kemunafikan." Muttafaq Alaihi.
Jihad dalam arti perang hukumnya wajib kifayah sebagaimana firman Allah swt. :
“tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya”. (At Taubah: 122).
Menurut Al Qahthany jihad jadi wajib ‘ain apabila kaum muslimin dihadapkan pada tiga keadaan :
1.    Apabila seorang muslim mukallaf bertemu dan berhadapan langsung dengan musuh. (lihat QS. Al Anfal : 15, 16, dan 45).  
2.    Apabila musuh menyerang ke negeri kaum muslimin dan penghuninya tidak mampu untuk menghalaunya, maka wajib bagi kaum muslimin untuk membantu negeri tersebut terutama negara yang paling dekat dengan negeri tersebut. (At Taubah: 123).
3.    Apabila pemimpin kaum muslimin mewajibkan segenap kaum muslimin untuk berperang. (At Taubah: 38, 41).
Termasuk jenis jihad adalah jihad dengan hati, lisan, harta, maupun perbuatan. Semua muslim wajib berjihad di jalan Allah dengan salah satu bentuk dari macam jihad tersebut menurut kebutuhan dan kemampuannya. Rasul bersabda :
"جاهدوا المشركين بألسنتكم، وأنفسكم، وأموالكم، وأيديكم"
Perangilah orang-orang musyrik dengan lisan-lisanmu, diri-dirimu, harta-hartamu, dan dengan kekuatan-kekuatanmu. (Imam Ahmad dalam musnadnya, no. 12577).
Berjihad di jalan Allah merupakan amal yang paling utama setelah beriman kepada Allah, bahkan aplikasi dari sejatinya iman adalah berjihad. Keutamaan Dan nash-nash dalam hal ini sangat banyak, di antaranya :
...dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya telah datang seseorang kepada Rasulullah saw. Seraya bertanya: “wahai Rasulullah saw. Tunjukkanlah kepadaku suatu amal yang sebanding dengan jihad? “Tidak, aku tidak mendapatinya”, jawab Rasul. Apakah kamu mampu sebagaimana mujahid masuk masjidmu kemudian ia shalat dan tidak tidur, shaum dan tidak makan, siapa yang mampu seperti itu? ... (Bukhori 4/18, no. 2784).

Sayyid Sabiq dalam kitabnya Fiqhus Sunnah (2/630) mengutip satu hadits dan disimpan di bawah sub pokok bahasan “Jihad : Amal yang tidak terimbangi oleh amal apapun”. Dalam hadits itu disebutkan: bahwasanya Rasulullah saw. ditanya amalan yang sebanding dengan jihad fi sabilillah. Maka jawab Rasul saw. adalah : “Kalian tidak akan mampu mengimbanginya”, Rasul menyatakan demikian berulang-ulang. 

Pintu surga itu ada delapan, salah satunya adalah pintu khusus untuk ahli jihad. Rasul bersabda :”... barangsiapa dari ahli jihad, maka ia akan diseru dari pintu jihad, ... (Bukhori: 3/32, nomor 1897). Dalam hadits lain Rasulullah saw. Mengatakan : “Kalian wajib berjihad di jalan Allah karena ada salah satu pintu di antara pintu-pintu  surga (yang disediakan untuk mujahid), yang Allah menghilangkan dengannya segala kepayahan dan ketakutan. (Al jihad karya Ibnu ‘Ashim: 1/134, no. 7).

... sesungguhnya Abu Sa’id al Khudriyi r.a. telah menceritakan bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepada Rasul saw. :Amal mana yang lebih utama? “Amal yang lebih utama adalah seorang mukmin yang berjihad di jalan Allah dengan diri dan hartanya... “ Jawab Rasul. (Bukhori, no. 2786).

Al Qahthany mencatat bahwa tingkatan jihad itu terbagi ke dalam empat tingkatan, yaitu: pertama:  jihadun nafs, kedua : jihadus syaethan, ketiga : jihad melawan orang-orang kafir dan kaum munafik, dan keempat : jihad melawan kedzaliman, bid’ah dan munkarat. (lihat pula At Thayyar : Fiqhul Jihad 1/4).
Jihadun nafs, jihad melawan diri sendiri ada empat tingkatan, yaitu : 1. Jihad diri untuk mempelajari urusan-urusan agama dan petunjuk. 2. Jihad untuk mengamalkan ilmu-imu agama yang telah dimilikinya. 3. Jihad di dalam mendakwahkan Islam, dan 4. Jihad dengan kesabaran dalam menghadapi kesulitan dakwah.
Syaetan adalah sejelek-jelek musuh, Allah swt. berfiman: “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, Maka anggaplah ia musuh(mu), karena Sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala”. (Fathir: 6).

Jihad melawan syaetan ada dua tingkatan yaitu : 1. Jihad dalam menolak apa yang ia bisikkan berupa keraguan-keraguan yang mempengaruhi iman. 2. Jihad dalam menolak apa yang dibisikkannya berupa syahwat-syahwat dan keinginan-keinginan yang merusak.

Jihad melawan orang-orang kafir dan orang-orang munafik ada empat tingkatan : yaitu dengan hati, lisan, harta, dan perbuatan. Jihad melawan kekafiran lebih utama dengan perbuatan/ kekuatan dan jihad melawan orang-orang munafik lebih utama dengan lisan/debat.
Jihad melawan kedzaliman, perbid’ahan dan kemunkaran ada tiga tahapan : pertama dengan tangan/ kekuatan, kedua dengan lisan dan ketiga dengan hati.

Tahapan-tahapan di atas merupakan tahapan yang harus dilalui oleh seorang mukmin, karena bagaimana ia mencapai jihad tingkatan tertinggi sebelum ia dapat melawan hawa nafsunya. Hal itu diungkapkan oleh Ibnu Manashif dalam kitabnya “Al Injad fi Abwabil Jihad” bahwa menurut syara’ jihad itu terbagi kepada tiga macam, yaitu jihad dengan hati, jihad dengan lisan, dan jihad dengan tangan/ kekuatan. Sebagai pijakan atas pendapat di atas adalah hadits sebagai berikut :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَا مِنْ نَبِىٍّ بَعَثَهُ اللَّهُ فِى أُمَّةٍ قَبْلِى إِلاَّ كَانَ لَهُ مِنْ أُمَّتِهِ حَوَارِيُّونَ وَأَصْحَابٌ يَأْخُذُونَ بِسُنَّتِهِ وَيَقْتَدُونَ بِأَمْرِهِ ثُمَّ إِنَّهَا تَخْلُفُ مِنْ بَعْدِهِمْ خُلُوفٌ يَقُولُونَ مَا لاَ يَفْعَلُونَ وَيَفْعَلُونَ مَا لاَ يُؤْمَرُونَ فَمَنْ جَاهَدَهُمْ بِيَدِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَمَنْ جَاهَدَهُمْ بِلِسَانِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَمَنْ جَاهَدَهُمْ بِقَلْبِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَلَيْسَ وَرَاءَ ذَلِكَ مِنَ الإِيمَانِ حَبَّةُ خَرْدَلٍ
Artinya, “dari Ibnu Mas’ud sesungguhnya Rasulullah saw. pernah mengatakan: “Setiap nabi pasti ada pembela dan penolongnya, mereka melaksanakan sunnahnya dan mengikuti perintahnya. Kemudian setelah itu muncul generasi menyimpang, mereka mengatakan apa yang tidak akan mereka kerjakan, dan mengerjakan apa yang tidak diperintahkan. Barangsiapa yang berjihad, melawan mereka dengan tangannya maka ia itu seorang mukmin; barangsiapa yang berjihad, melawan mereka dengan lisannya maka ia itu seorang mukmin; dan barangsiapa yang berjihad, melawan mereka dengan hatinya maka ia itu seorang mukmin. Dan apabila tidak mengerjakan ketiga-tiganya itu maka tidak ada keimanan padanya walaupun sebesar atom. (Shahih Muslim: 1/51, no. 188).
…Ikhwan Fillah, Jangan padamkan Gelora Api Jihad di dadamu, Allohu Akbar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar